Hadiah Sastra Rancagé

rancage

Hadiah Sastra Rancage merupakan hadiah yang diberikan kepada sastrawan yang dianggap berjasa dalam mengembangkan sastra daerah. Hadiah Sastra Rancage ini dipelopori oleh sastrawan Ajip Rosidi dan kawan-kawannya sebagai bentuk keprihatinan atas pengarang sastra Sunda saat itu. Rancagé sendiri artinya ‘kreatif’ yang diambil dari bahasa Sunda. Hadiah Sastra Rancage pertama kali diselenggarakan pada tahun 1989 untuk karya sastra Sunda yang dianggap terbaik. 

Sastra Rancage ini bermula dari keprihatinan Ajip Rosidi melihat pengarang karya sastra Sunda. Para pengarang kerap melahirkan karya-karya bermutu, tapi tidak mendapat honorarium yang setimpal. Dilihat juga bahwa karya sastra Sunda kualitasnya tidak kalah dengan karya sastra Indonesia. Bertolak dari kondisi seperti itu, Ajip berinisiatif memberikan hadiah kepada sastrawan daerah yang dipandang berprestasi. Maka, pada tahun 1989, untuk pertama kalinya Hadiah Sastra Rancage diberikan dan diterima oleh Yus Rusyana dengan karyanya berupa buku kumpulan cerpen Jajaten Ninggang Papasten.

Ajip Rosidi sendiri selaku juri yang menentukan siapa-siapa yang berhak mendapat penghargaan. Selain hadiah yang diberikan untuk karya sastra, terdapat juga hadiah untuk jasa. Hadiah yang diberikan bagi mereka yang berjasa dalam mengembangkan sastra Sunda. Hadiah yang diberikan berupa piagam dan uang sebesar satu juta rupiah. Prinsipnya, seorang pengarang bisa saja memperoleh Hadiah Sastra Rancage berkali-kali untuk karyanya. Hal itu bila seorang pengarang menerbitkan karya-karya yang unggul. Namun, penghargaan untuk jasa, tiap pengarang hanya akan satu kali memperoleh Hadiah Sastra Rancage.

Ajip Rosidi (Budayawan) [Foto: Ruht Semiono]

Sejak tahun 1989, lima tahun berselang Hadiah Sastra Rancage akhirnya dilembagakan dalam bentuk yayasan. Tepatnya pada tanggal 23 Maret 1993, lembaga yayasan resmi berdiri dengan nama Yayasan Kebudayaan Rancage. Adanya lembaga ini disambut lega bagi beberapa kalangan, karena dikhawatirkan bahwa hadiah ini akan berhenti. Namun, setelah diresmikannya Yayasan Kebudayaan Rancage, kekhawatiran itupun lantas sirna.

Sejak tahun 1993, Hadiah Sasta Rancage ini juga dilengkapi dengan dengan Hadiah Samsudi. Penghargaan Hadiah Samsudi ini khusus untuk penulis buku bacaan anak-anak berbahasa Sunda. Besar hadiahnya sama dengan dengan Hadiah Sastra Rancage yakni satu juta rupiah.

Tujuan dari lembaga ini, selain untuk memberikan hadiah sastra, adalah untuk membina dan menghidupkan kesusastraan, kehidupan, kesenian, dan kebudayaan. Modal dasar lembaga ini berasal dari pendiri dan penyumbang dari berbagai pihak. Pihak-pihak di sini seperti masyarakat, pemerintah, serta badan-badan lain yang menaruh minat terhadap kesusastraan.

Mulai tahun 1994 Hadiah Sastra Rancage diberikan juga kepada pengarang sastra berbahasa Jawa. Hadiahnya pun dilipatgandakan menjadi dua juta rupiah untuk masing-masing pengarang. Mulai tahun 1998 diberikan juga Hadiah Sastra Rancage kepada sastrawan Bali. Besaran hadianya sejak 1997 dinaikkan menjadi dua juta setengah untuk tiap-tiap penerima. Sejak 2008 Hadiah Sastra Rancage juga diberikan kepada pengarang untuk karya sastra Lampung dan yang terakhir sejak 2015 diberikan juga untuk karya sastra Batak.

Hadiah Sastra Rancage masih terus diberikan sampai sekarang. Adanya penghargaan ini tentunya harus tetap didukung oleh berbagai pihak. Selain untuk memotivasi para sastrawan daerah agar terus produktif, penghargaan ini juga diharapkan bisa melestarikan sastra daerah. Oleh sebabnya bahwa sastra daerah juga merupakan aset yang berharga selain dengan karya sastra Indonesia itu sendiri. Pemberian hadiah sastra ini juga sepatutunya ditambah di daerah-daerah lain di Indonesia yang melahirkan karya sastra bermutu. Agar kelak di kemudian hari, sastra daerah menjadi aset literasi yang berguna dan tidak digerus jaman.

Referensi –

Sumber: http://ensiklopedia.kemdikbud.go.id/sastra/artikel/Hadiah_Sastra_Rancage | Ensiklopedia Sastra Indonesia – Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s